Penggunaan LKS dalam proses pembelajaran Matematika

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit.

Untuk menguasai dan mencipta teknologi dimasa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.  

Supaya dapat menanamkan pemahaman suatu konsep matematika dengan optimal, dibutuhkan seorang guru yang memiliki kompetensi profesional. Artinya harus memiliki pengetahuan yang luas serta dalam dari bidang studi yang akan diajarkan serta penguasaan metodologis dalam arti memiliki pengetahuan konsep teoritik, mampu memilih metode yang tepat serta mampu menggunakan berbagai metode dalam PBM.

Hal ini juga seperti dikemukakan oleh Robert W.Richey (1974) bahwa ciri-ciri profesionalisasi jabatan guru salah satunya adalah para guru dituntut memiliki pemahaman serta ketrampilan yang tinggi dalam hal bahan pengajar, metode, anak didik dan landasan kependidikan. Salah satu ketrampilan yang dibutuhkan adalah menentukan jenis dan bentuk perangkat atau media yang sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Penggunaan LKS dalam proses pembelajaran Matematika


Pelaksanaan pendidikan di berbagai jenjang atau tingkatan memerlukan berbagai bentuk perangkat dalam proses pembelajaran. Perangkat yang dimaksud berhubungan dengan sarana dan prasarana kurikulum pendidikannya, materi yang diajarkan, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, hingga pada upaya remidi. Hal ini untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa selama menempuh pendidikan. 

Penggunaan LKS dalam proses pembelajaran Matematika

Peningkatan kualitas siswa juga diperlukan ketrampilan dan kompetensi guru selaku pendidik dan pengajar di sekolah seperti yang sudah disampaikan di atas. Seorang guru dituntut dapat melaksanakan proses pembelajaran yang efektif serta harus dapat menetukan dan memilih metode pembelajaran yang cocok dan bervariasi. Adapun salah satu pedoman yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah LKS. Penggunaan LKS (Lembar Kerja Siswa) dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan kreatifitas guru dan siswa, sehingga akan terjadi interaksi belajar yang baik. Dengan menggunakan LKS proses kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru untuk memotivasi siswa agar giat belajar.

Pembelajaran dengan menggunakan media LKS dapat dilaksanakan pada setiap Kompetensi Dasar, khususnya pada tujuan pembelajaran mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. Dengan diberikannya soal-soal latihan oleh guru maka siswa dapat aktif dan mudah dalam menerima pelajaran sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.


Sumber: PTK - Sri Sudiati, UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ SURABAYA, MEI 2009
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda