Laporan PTK Matematika di Sekolah Dasar

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri Kacok 2 Palengaan Pamekasan.

Pelajaran Metematika di Sekolah Dasar
Laporan PTK Matematika di Sekolah Dasar

ABSTRAK 

“ PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI LKS PADA SISWA KELAS V SDN KACOK II KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN”
Kata Kunci : LKS, sifat-sifat bangun datar, kegiatan pembelajaran,matematika.

Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini (Standar Isi; 2006). Oleh karena itu, dibutuhkan guru yang berkompeten dan profesional. Salah satu syarat adalah seorang guru harus mampu memilih metode dan media yang tepat.

Kasus yang melatarbelakangi diadakannya Penelitian Tindakan Kelas adalah karena prestasi belajar siswa kurang memuaskan. Dalam pembelajaran matematika tentang mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar, hanya ada beberapa siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 60 % ke atas.

Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Selama pelaksanaan siklus I dan II, diamati oleh teman sejawat. Data hasil pengamatan tersebut digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan berikutnya.

Pada siklus I hasil masih kurang memuaskan, nilai rata-rata yang dicapai hanya 66,3 %. Pada siklus II peneliti sebagai guru menggunakan LKS sebagai media dengan dilengkapi macam-macam bangun datar. PTK ini berhasil dengan baik. Nilai rata-rata meningkat menjadi 83,3 . Persentase tingkat ketuntasan meningkat dari 50 % pada siklus I menjadi 93,3 % pada siklus II

Laporan PTK Metematika di Sekolah Dasar Sri Sudiati

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda