Tinjauan Tentang Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya dan budaya lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya. 

Tinjauan Tentang Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Pelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesustraan manusia Indonesia. (BSNP, 2006)

Pengertian Pembelajaran Bahasa Indonesia 


Pembelajaran bahasa adalah proses memberi rangsangan belajar berbahasa kepada siswa dalam upaya siswa mencapai kemampuan berbahasa. Kemampuan berbahasa dalam arti luas adalah kemampuan mengorganisasi pemilihan keinginan, ide, pendapat atau gagasan dalam bahasa lisan ataupun tulis. Untuk dapat menyampaikan gagasan dalam bentuk lisan, seorang siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berbicara yang baik.

Berbicara tidak hanya berkaitan dengan masalah pelafalan dan intonasi saja, tetapi juga dengan penyusunan pemahaman. Berbicara menuntut penggunaan bahasa secara tepat pada tingkatan yang ideal (Madsen, 1983). 

Untuk dapat berbicara dalam suatu bahasa yang baik, pembicara harus menguasai lafal, tata bahasa dan kosakata dari bahasa yang digunakan. Selain itu, penguasaan masalah yang akan disampaikan dan kemampuan memahami bahasa lawan bicara diperlukan juga.

Tujuan utama pembelajaran berbicara di SD adalah melatih siswa dapat berbicara dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Banyak cara untuk melakukan pembelajaran berbicara di SD, salah satunya adalah siswa diminta merespon atau menanggapi secara lisan berita yang didengar, dilihat ataupun yang dialaminya sendiri. 

Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Mata pelajaran bahasa Indonesia, bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan menurut BSNP (2006) sebagai berikut: 
  1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku.
  2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
  3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
  4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
  5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya intelektual manusia Indonesia.
Ruang Lingkup Bahasa Indonesia

Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan ber sastra yang meliputi aspek- aspek sebagai berikut:
  1. Mendengarkan.
  2. Berbicara.
  3. Membaca.
  4. Menulis.

Fungsi Bahasa

Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki fungsi sebagai berikut:
  1. Fungsi informasi, yaitu menyampaikan informasi timbal balik antar anggota keluarga ataupun anggota-anggota masyarakat.
  2. Fungsi ekspresi diri, yaitu untuk menyalurkan perasaan, sikap, gagasan, emosi, atau tekanan-tekanan perasaan pembicara.
  3. Fungsi adaptasi dan integrasi, yaitu untuk menyesuaikan dan membaurkan diri dengan anggota masyarakat.
  4. Fungsi kontrol sosial, yaitu untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain.
Fungsi Khusus Bahasa Indonesia

Setiap bahasa mempunyai fungsi khusus. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional mempunyai fungsi khusus yang sesuai dengan kepentingan bangsa Indonesia. Fungsi tersebut adalah, sebagai berikut:
  1. Alat untuk menjalankan administrasi negara. Fungsi ini terlihat dalam surat-surat resmi, surat keputusan, peraturan dan perundang-undangan, pidato dan pertemuan resmi.
  2. Alat pemersatu berbagai suku yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda-beda.
  3. Wadah penampungan kebudayaan. Semua ilmu pengetahuan dan kebudayaan harus diajarkan dan diperdalam dengan mempergunakan bahasa Indonesia sebagai medianya.

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda